Monday 6 January 2020

PROPOSAL REALISASI KEGIATAN/PEMBANGUNAN REHAB POS KAMLING


PANITIA PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RW 01
PROPOSAL REALISASI KEGIATAN/PEMBANGUNAN REHAB POS KAMLING  RW 01 KELURAHAN CIBABAT KECAMATAN CIMAHI UTARA
TAHUN 2017


Kota
:
Kota Cimahi
Penanggung Jawab Kegiatan
:

Contact Person
:

Lokasi Kegiatan
:
RT02,  RT 04   
Tahun Kegiatan
:
2017
Deskripsi Kegiatan
:

Kegiatan  menjaga keamanan lingkungan sendiri bagi warga masyarakat  dalam bentuk  Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) menjadi perhatian serius Pemerintah Kecamatan Cimahai Utara.  Menitoring dari pihak kecamatan  dan keluarahan rutin dilakukan.  Pemantauan  yang dilakukan  tersebut  memberikan efek partisipatif masyarakat, dengan berbagai tanggapan positif, terhadap perhatian dari kelurahan dan kecamatan Cimahi Utara tersebut.  Untuk mendukung kegiatan tersebut, tentunya  harus ada tempat yang  presentatif   berupa Pos Kamling . Saat ini Pos Kamling terutama di RT 02 dan RT 04  perlu perbaikan.  Untuk itu rehab perbaikan dianggap penting  guna   memberikan  kenyamanan  petugas Kamling.  Dengan permasalah tersebut, mohon bantuannnya  agar perbaikan Pos Kamling dikedua tempat tersebut dapat terwujud.  
Maksud, Tujuan dan Sasaran Kegiatan
:
Maksud:
Maksud diadakannya rehab Pos Kamling yaitu:
1.  Memberikan sarana tempat berkumpul para  petugas Siskamling dengan nyaman.
2.  Memberikan sarana  komunikasi antar petugas Ronda di lingkungan RW 01 Sukawaragi.
3.  Memudahkan pelayanan kepadawarga, ketika ada permasalahan keamanan di lingkungan RT masing-masing.

Tujuan :
1.    Memberikan kenyamanan  kepada para petugas Ronda Malam  dalam melakukan  kesiapan jaga .
2.    Membangun rasa tanggung jawab warga masyarakat  dalam menjaga kemanan lingkungan;
3.    Menjalin kemitraan dan kekeluargaan antar warga serta meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab sebagai warga yang berada di lingkungan RW 01 Sukawaragi.

Sasaran:
1.    Meningkatnya partisipasi warga dalam menjaga keamanan di  lingkungan RW 01 Sukawaragi .
2.    Terbangunnya rasa tanggung jawab warga masyarakat  dalam menjada keamanan  di lingkungan RW 01 Sukawaragi;
3.    Terjalinnya kemitraan dan kekeluargaan antara warga masyarakat yang didasari rasa tanggung jawab  sebagai warga RW 01 Sukawargi.
Usulan dan Rencana Anggaran Biaya
:
Anggran biaya untuk pembangunan rehab Pos Kamling RT 02 dan RT04 di lingkungan  RW 01 Sukawargi Kelurahan Cibabat,  dirinci dalam lampiran.



Dokumentasi
:




Peserta Kegiatan
:
Pengurus RT, PKK dan Anggota Masyarakat di lingkungan RT 02 dan RT 04
Jumlah Peserta
:
6 Orang
Penutup
:
Kesimpulan:
Keberadaan sarana Pos Kamling,  merupakan hal yang perlu diperhatikan secara serius. Keamanan lingkungan  dapat terlaksana jika ada pendukung selain kesadaran masyarakat juga  adanya Pos Kamling.  Partisipasi masyarakat akan tumbuh jika kebersamaan dan kedadaran semua pihak   dibangun atas kesadaran sendiri dengan tepat pertemuan yang presentatif. Keberadaan petugas Kamling  setiap malam sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan lingkungan, dan kenyamanan, ketentraman warga. Oleh sebab itu siapapun sebagai warga, memiliki kewajiban melakukan hal tersebut.

Pesan:

Pembangunan  rehab Pos Kamling di lingkungan RT 02 dan RT04 Sukawargi, hasilnya  akan dimanfaatkan  untuk kegiatan  musyawarah dan tempat berkumpulnya petugas Siskamling.  Oleh sebab itu keberadaan dan kenyamanan Pos kamling menjadi  penting dan serba fungsi. Sehingga diharapkan   kelurahan dan Kecamatan Cimahi Utara berkenan atas ajuan pembangunan rehab Pos Ronda RT 02 dan RT04  RW 01 Sukawargi Kelurahan Cibabat tersebut.


No comments:

Post a Comment