Tuesday 1 April 2014

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PSM

PANITIA KEGIATAN PENINGKATAN KINERJA LEMBAGA, SOSIALISASI  
PERATURAN PEMERINTAH SERTA PENYULUHAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI IKATAN KOMUNITAS PEKERJA SOCIAL MASYARAKAT (IKA PSM)
KELURAHAN CIBABAT KECAMATAN CIMAHI UTARA
KOTA CIMAHI
Sekretariat :  Jl. Sirnarasa No.18 Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi 40513
 

Nomor
:              
Sifat
:  -
Lampiran
: 1 ( satu) Berkas
Hal
: Permohonan Bantuan Dana



            Kepada :
Yth.     Ibu Walikota Cimahi
            di
            Cimahi

Dipermaklumkan dengan hormat, bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja lembaga serta memberikan pengetahuan hukum kepada Kader Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Lingkungan Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, maka kegiatan tersebut sangat membutuhkan peran seran serta aktif maupun dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan.
Sehubungan dengan maksud tersebut, kami yang tergabung dalam Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, mohon kiranya Ibu Walikota Cimahi berkenan memberikan bantuan dana untuk melancarkan kegiatan yang sedang kami upayakan agar dapat terealisasi sesuai dengan program yang direncanakan.
Demikian permohonan ini kami sampaikan, semoga Ibu Walikota Cimahi dapat mengabulkan pengajuan bantuan dana ini, atas perhatian, dukungan serta kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Cimahi,    Agustus 2013
Ketua Ikatan Komunitas
Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM)
Kelurahan Cibabat





(Elly Herlina)







KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala karunia dan rahmat Nya yang telah memberikan kelancaran serta kemudahan sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Proposal Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.
Proposal ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran umum tentang berbagai kegiatan serta rencana yang telah ditetapkan.
Kami menyadari masih banyak terdapat keterbatasan dalam pelaksanaan kegiatan maupun penyampaian proposal, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun serta dukungan dari berbagai pihak berupa material maupun non material sangat kami sambut dengan tangan terbuka demi perbaikan di masa yang akan datang.
Harapan kami, semoga dengan tersampaikannya proposal ini dapat menggugah hati berbagai pihak untuk bekerja sama demi upaya meningkatkan kepedulian social, serta menumbuhkan sikap gortong royong dikalangan masyarakat Kota Cimahi.
.

Cimahi,    Agustus 2013
Ketua Ikatan Komunitas
Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM)
Kelurahan Cibabat





(Elly Herlina)








BAB I
PENDAHULUAN

1. 1      Latar Belakang
Manusia sejak awal lahirnya adalah sebagai makhluk sosial (ditengah keluarganya). tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain sehingga memerlukan mitra untuk mengembangkan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan. Menurut kodrat alam, manusia dimana-mana dan dizaman apapun selalu hidup bersama, hidup berkelompok-kelompok.sekurang-kurangnya hidup berkelompok itu terdiri dari satu suami dan satu istri ataupun ibu dan bayinya.
Aristoteles (384-322 sebelum masehi), seorang ahli fikir yunani menyatakan dalam ajaranya, bahwa manusia adalah zoon politicon, artinya pada dasarnya manusia adalah makhluk yang ingin selalu bergaul dengan berkumpul dengan manusia, jadi makhluk yang bermasyarakat, dari sifat suka bergaul dan bermasyarakat itulah manusia dikenal sebagai makhluk social
. Sosialitas adalah kodrat manusia. Manusia tidak bisa hidup sendirian. Manusia memerlukan manusia lain. Secara kodrati, manusia adalah makhluk yang memiliki kecenderungan untuk hidup dalam kebersamaan dengan yang lain untuk belajar hidup sebagai manusia.
Manusia adalah makhluk yang mencari kesempurnaan dirinya dalam tata hidup bersama. Mereka lahir, tumbuh dan menjadi insan dewasa karena dan bersama manusia lain, sehingga definisi manusia sebagai makhluk sosial secara langsung bermaksud menegaskan bahwa hanya dalam lingkup tata hidup bersama kesempurnaan manusia akan menemukan kepenuhannya.
Hidup dan perkembangan manusia, bahkan apa yang disebut dengan makna dan nilai kehidupan manusia hanya mungkin terjadi dalam konteks kebersamaan dengan manusia lain. Makna dan nilai hidup akan tertuang secara nyata apabila manusia mengamini dan mengakui eksistensi sesamanya. Juga pemekaran sebuah kepribadian akan mencapai kepenuhannya jika manusia mampu menerima kehadiran sesamanya.
Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak mungkin hidup sendiri dalam memenuhi kebutuhannya tanpa bantuan orang lain, karena memang manusia diciptakan Tuhan untuk saling berinteraksi, bermasyarakat / bersilaturahmi dengan sesama serta dapat saling tolong menolong dalam memenuhi kebutuhannya.
Kebutuhan untuk bermasyarakat atau berkumpul dengan sesama merupakan kebutuhan dasar (naluri) manusia itu sendiri yang dinamakan Gregariousness. Maka dengan demikian manusia merupakan makhluk sosial ( Homo Socius) yaitu makhluk yang selalu ingin berinteraksi dengan sesama/ bergaul.
Keadaan inilah yang dapat menjadikan suatu masyarakat yang baik, harmonis dan rukun, hingga timbullah norma, etika dan kesopan santunan yang dianut oleh masyarakat. Bila hal hal diatas dilanggar atau terabaikan maka terjadilah yang dinamakan penyimpangan sosial.
Manusia sebagai makhluk sosial memiliki 2 hasrat yaitu:
1.    Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia yang lain di sekelilingnya
( Masyarakat).
2.    Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekitarnya.
Apa yang menjadi tujuan hidup bersama? Tujuannya adalah good life. Hidup bersama ada secara natural karena masing-masing pribadi menghendakinya. Masing-masing pribadi menghendakinya karena sadar bahwa kesempurnaan dirinya hanya tercapai melalui kebersamaanya dengan manusia yang lain.
Hidup bersama dengan demikian bukan pertama-tama sebuah “gerombolan” tanpa tujuan, melainkan sebuah kesatuan dan sistem yang terarah kepada kesempurnaan dan keutuhan masing-masing individu. Hidup bersama ada pertama-tama untuk memenuhi kehendak dan tujuan setiap pribadi manusia untuk menyempurnakan dirinya. Inilah yang dimaksud good life, yaitu teraktualisasinya kesempurnaan hidup masing-masing manusia dalam konteks hidup bersama.
Demikian halnya dengan kota cimahi yang terdiri 3 (tiga) kecamatan serta 15 Kelurahan merupakan sebuah komunitas masyarakat berisi individu-individu dengan berbagai keinginan dan good life sehingga dalam pola interaksinya tidak dapat berjalan sendiri mengedepankan kepentingan individualis.
Sebagai bagian dari entitas maka setiap individu diharapkan mempunyai keinginan untuk menjadi satu dengan lingkungan, meningkatkan kepedulian terhadap komunitas serta menumbuhkan rasa kebersamaan dalam kehidupan sosial bermasyarakat sehingga menjadi sebuah identitas kolektif kota cimahi.
Bermula dari pemikiran tersebut serta tergerak untuk ikut serta dalam upaya mendukung Visi dan Misi Kota Cimahi maka Ikatan Komunitas Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi merupakan salah satu lembaga yang dibentuk atas dasar pentingnya menumbuhkembangkan kepedulian serta kebersamaan dilingkungan masyarakat setempat agar secara mandiri mampu mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah social memandang perlu untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pembinaan warga masyarakat sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan.

1.2       Rencana Kegiatan
1.2.1   Nama dan Tema Kegiatan          
Nama Kegiatan   :
Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi
Tema Kegiatan   :
“Menjadi Satu Dengan Lingkungan, Meningkatkan Kepedulian Terhadap Komunitas Serta Menumbuhkan Rasa Kebersamaan Dalam Kehidupan Sosial Bermasyarakat”
 1.2.2  Target Kegiatan
            Target kegiatan yang ingin dicapai dalam kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
a.          Memberikan pemahaman tentang peraturan perundangan IKA PSM;
b.          Memberikan penyuluhan tugas pokok dan fungsi IKA PSM;
c.          Memberikan pengetahuan secara ilmiah tentang konsep interaksi social;
d.          Menumbuhkan kepedulian dan kepekaan social;
e.          Memberikan keahlian dalam mengidentifkasi permasalahan social;
f.           Memberikan penerangan terhadap juklak dan juknis pelaporan permasalahan social;
g.          Mampu memberikan kontribusi positif secara mandiri dalam memecahkan  permasalahan social.

1.2.3   Bentuk Kegiatan
Bentuk Kegiatan Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas (IKA PSM) Pekerja Social Masyarakat Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi adalah seminar teoritis dan yuridis serta dialog.
Adapun Materi yang akan disampaikan adalah sebagai berikut:
1.    Pemaparan kajan Anthropologi Sosial;
2.    Pemaparan kajian Sosiologi;
3.    Pemaparan kajian Visi dan Misi Kota Cimahi di Bidang Sosial;
4.    Pemaparan kajian Historis dan Yuridis Pembentukan IKA PSM;
5.    Pemaparan kajian Program dan Tupoksi IKA PSM;
6.    Pemaparan juklak dan juknis pelaporan;
7.    Pemaparan tentang harapan masyarakat terhadap keberadaan IKA PSM.

1.2.4   Lokasi kegiatan
            Kegiatan Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, direncanakan dilaksanan bertempat di Pandiga Educreation Sport Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.
1.2.5   Sasaran kegiatan.
            Kegiatan Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi berjumlah 200 orang terdiri dari kader IKA PSM tingkat kelurahan, tingkat RW dan RT serta perwakilan masyarakat setempat.
1.2.6   Kepanitiaan
Panitia Kegiatan Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi ini adalah Pengurus IKA PSM Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi Masa Bhakti 2012-2015 dengan sususan terlampir.
1.2.7   Rencana Anggaran Biaya
            Kebutuhan anggaran biaya untuk Kegiatan Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi  adalah sebesar Rp. 64.668.000,- (terbilang : enam puluh empat juta enam ratus enam puluh delapan ribu rupiah)   rincian kebutuhan Terlampir.








BAB II
RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

NO
URAIAN

SATUAN WAKTU
Minggu Ke - 1
Minggu Ke - 2
Minggu Ke - 3
Minggu Ke - 4
1
PERSIAPAN




2
PELAKSANAAN




3
EVALUASI




4
PELAPORAN


















BAB III
PROFIL IKATAN KOMUNITAS PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT (IKA PSM)
KELURAHAN CIBABAT KECAMATAN CIMAHI UTARA
 KOTA CIMAHI




3.1       Profil Umum
*
Nama
:
Ikatan Komunitas Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat
*
Tanggal Berdiri
:

*
Alamat Sekretariat
:
Jl. Sinarasa No.18 RT 01 RW 25
*
Kelurahan
:
Cibabat
*
Kecamatan
:
Cimahi Utara
*
Kota
:
Cimahi
*
Provinsi
:
Jawa Barat

3.2       Visi dan Misi
3.2.1    Visi Ikatan Komunitas Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan
            Cibabat
ungan.

3.2.2   Misi Ikatan Komunitas Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan
           Cibabat

Adapun Misi dari Ikatan Komunitas Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat adalah sebagai berikut:
1.    Mendukung
2.     

3.2.3   Contact Person :
*
Nama
:
Asep AJi
*
Nomor Telepon/ HP
:


3.2.4   Daftar Anggota/Pengurus
NO
JABATAN
NAMA
Alamat
1
Ketua


2
Sekretaris I


3
Bendahara


4
Anggota




























.




BAB IV
HASIL YANG DIHARAPKAN DAN PENUTUP

4.1         HASIL YANG DIHARAPKAN
Dari kegitan Kegiatan Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara                     Kota Cimahi, diharapkan dapat mencapai tujuan yaitu:
  1. Seluruh peserta kegiatan paham tentang peraturan perundangan IKA PSM;
  2. Seluruh peserta kegiatan mengerti penyuluhan tugas pokok dan fungsi IKA PSM;
  3. Seluruh peserta kegiatan mendapatkan pengetahuan secara ilmiah tentang konsep interaksi social;
  4. Seluruh peserta kegiatan semakin peduli dan peka terhadap kondisi sosial masyarkat;
  5. Seluruh peserta kegiatan mendapatkan keahlian dalam mengidentifkasi permasalahan social;
  6. Seluruh peserta kegiatan dapat menguasai juklak dan juknis pelaporan permasalahan social;
g.    Seluruh peserta kegiatan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif secara mandiri dalam memecahkan  permasalahan social.

4.2         PENUTUP
Demikian Proposal kegiatan ini kami buat agar menjadi dasar pertimbangan dalam menyetujui dan mendukung kegiatan ini.

Proposal ini masih jauh dari sempurna, maka kritikan dan saran serta masukan yang dapat membantu menyempurnakan pelaksanaan kegiatan selanjutnya sangat kami harapan.



Ketua Ikatan Komunitas
Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM)
Kelurahan Cibabat

Sekretaris Ikatan Komunitas
Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM)
Kelurahan Cibabat















Elly Herlina

Asep Aji





Lampiran I
SUSUNAN PANITIA KEGIATAN PENINGKATAN KINERJA LEMBAGA, SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH SERTA PENYULUHAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI
IKATAN KOMUNITAS PEKERJA SOCIAL MASYARAKAT (IKA PSM)
KELURAHAN CIBABAT KECAMATAN CIMAHI UTARA
KOTA CIMAHI


Ketua                                     : Elly Herlina
Sekertaris                            : Asep Aji
Bendahara                          : 
Anggota                             :  







Ketua Ikatan Komunitas
Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM)
Kelurahan Cibabat

Sekretaris Ikatan Komunitas
Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM)
Kelurahan Cibabat
















Elly Herlina

Asep Aji







Mengetahui,




Ketua Ikatan Komunitas
Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM)
Kota Cimahi

Ketua Ikatan Komunitas
Pekerja Sosial Masyarakat (IKA PSM)
Kecamatan Cimahi Utara
















Suparman

Sutisna











Lampiran II
RENCANA ANGGARAN BIAYA
Rencana Anggaran Biaya
ITEM
FREK.
KUANT.
SATUAN
JUMLAH
Tempat
a.  Sewa Aula
b.  Sewa Sound System
c.  Sewa Mobil Panitia
1
1
1
1 gedung
1 set
1unit
Rp. 15.000.000,-
Rp.   1.500.000,-
Rp.      500.000,-
Rp.   15.000.000,-
Rp.     1.500.000,-
Rp.        500.000,-
Publikasi dan dokumentasi
a.    Spanduk
b.    Cetak film
c.    ATK (Spidol, kertas Plano, Photo coppy dll)
d.    Hand Out
e.    Sertifikat
1
1
1

1
1
2 buah
100 lembar
1 paket

200 paket
200 lembar
Rp.      150.000,-
Rp.          2.000,-
Rp.   2.000.000,-

Rp.        30.000,-
Rp.          2.500,-
Rp.        300.000,-
Rp.        200.000,-
Rp.     2.000.000,-

Rp.     6.000.000,-
Rp.        500.000,-
Honor
a.    PSM Kota Cimahi
b.    PSM Kecamatan Cimahi Utara
c.    Narasumber
d.    Moderator
e.    MC
f.     Dirigen
g.    Pembaca Doa
h.    Panitia
- Ketua
- Sekretaris
- Bendahara
- Anggota
1
1
3
1
1
1
1

1
1
1
1
1 orang
1 orang
1 jam
1 orang
1 orang
1 orang
1 orang

1 orang
1 orang
1 orang
4 orang
   Rp.     750.000,-
  Rp.     750.000,-
Rp.     600.000,-
Rp.     500.000,-
Rp.     300.000,-
Rp.     100.000,-
Rp.     100.000,-

Rp.     600.000,-
Rp.     500.000,-
Rp.     400.000,-
Rp.     300.000,-
Rp.        750.000,-
Rp.        750.000,-
Rp.        800.000,-
Rp.        500.000,-
Rp.        300.000,-
Rp.        100.000,-
Rp.        100.000,-

Rp.       600.000,-
Rp.       500.000,-
Rp.       400.000,-
Rp.    1.200.000,-
Konsumsi  Snack
a.    Peserta
b.    Panitia
c.    Pembicara
2
2
2
200 dus
7 dus
4 dus
Rp.       10.000,-
Rp.       10.000,-
Rp.      10.000,-
Rp.    4.000.000,-
Rp.       140.000,-
Rp.         80.000,-
Konsumsi  Makan Siang
a.    Peserta
b.    Panitia
c.    Pembicara
2
2
2
200 dus
7 dus
4 dus
Rp.      20.000,-
Rp.      20.000,-
Rp.      20.000,-
Rp.    8.000.000,-
  Rp.       280.000,-
     Rp.       160.000,-
Uang Saku
Peserta
1
200 orang
Rp.     100.000,-
Rp.  20.000.000,-

Rp. 64.668.000,-


BERITA ACARA MUSYAWARAH
Pembentukan Panitia Kegiatan Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat (IKA PSM)                                  
 Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara
 Kota Cimahi

Pada hari ini, ………………………………….. pada pukul 16.00 Wib bertempat di …………………………………………… Kelurahan Cibabat Kota Cimahi, telah dilaksanakan rapat yang di hadiri oleh 16 orang (daftar hadir terlampir)  tentang pembentukan Panita Kegiatan Peningkatan Kinerja Lembaga, Sosialisasi Peraturan Pemerintah Serta Penyuluhan Tugas Pokok dan Fungsi Ikatan Komunitas Pekerja Social Masyarakat (IKA PSM) Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi untuk turut berpartisipasi dalam proses pembangunan yang tengah dilaksanakan khususnya di Kota Cimahi. pembangunan daerah di Kota Cimahi.
Dengan Susunan Kepanitiaan sebagai berikut:
Ketua                         : Elly Herlina
Sekretaris                  : Asep Aji
Bendahara                :
Anggota                     :


Demikian berita acara ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pimpinan Rapat

Notulis Rapat









……………………..

…………………………..




DAFTAR HADIR MUSYAWARAH

Kecamatan                :  Cimahi Utara
Kelurahan                 :  Cibabat
Hari, Tanggal            : 
Tempat                       : 

NO
NAMA
ALAMAT
TANDA TANGAN
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15





Pimpinan Rapat

Notulis Rapat









……………………..

…………………………..




PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN DANA

SILAHKAN ISI DENGAN ILUSTRASI GAMBAR SENDIRI 


PENINGKATAN KINERJA LEMBAGA, SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH SERTA PENYULUHAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI IKATAN KOMUNITAS PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT (IKA PSM) KELURAHAN CIBABAT KECAMATAN CIMAHI UTARA
KOTA CIMAHI

Sekretariat :  Jl. Sirnarasa No.18 Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi 40513


1 comment: