Tuesday 1 April 2014

CONTOH PROSAL KEGIATAN PKK

        PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
P K K
                 TIM PENGGERAK KELURAHAN CIBABAT
                       Jalan. Sirnarasa No. 18 Telp. (022) 6654095 Cibabat-Cimahi 40513

Cimahi,      September 2013
Nomor
:
                  Kepada
Sifat
: -
 Yth            Ibu Walikota Cimahi
Lampiran
: 1 (satu) Berkas
            
Hal
: Permohonan Bantuan Dana
                  di 
                             Cimahi   


Dipermaklumkan dengan hormat, bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja lembaga pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dibidang ekonomi dan lingkungan hidup, maka kegiatan tersebut sangat membutuhkan peran seran serta aktif maupun dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan.
Sehubungan dengan maksud tersebut, kami yang Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi bermaksud mengadakan Kegiatan Peningkatan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot), mohon kiranya Ibu Walikota Cimahi perkenan memberikan bantuan dana untuk melancarkan kegiatan yang sedang kami upayakan agar dapat terealisasi sesuai dengan program kerja yang direncanakan.
Demikian permohonan ini kami sampaikan, semoga Ibu Walikota Cimahi dapat mengabulkan pengajuan bantuan dana ini, atas perhatian, dukungan serta kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

    Cimahi,    September 2013
Ketua TP PKK
 Kelurahan Cibabat












KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala karunia dan ramat Nya yang telah memberikan kelancaran serta kemudahan sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Proposal Kegiatan Peningkatan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot).
Proposal ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran umum tentang berbagai kegiatan serta rencana yang telah ditetapkan.
Kami menyadari masih banyak terdapat keterbatasan dalam pelaksanaan kegiatan maupun penyampaian proposal, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun serta dukungan dari berbagai pihak berupa material maupun non material sangat kami sambut dengan tangan terbuka demi perbaikan di masa yang akan datang.
Harapan kami, semoga dengan tersampaikannya proposal ini dapat menggugah hati berbagai pihak untuk bekerja sama demi upaya meningkatkan kinerja lembaga pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dibidang ekonomi dan lingkungan hidup dikalangan masyarakat Kota Cimahi.
.

Cimahi,    September 2013
Ketua TP PKK
Kelurahan Cibabat














BAB I
PENDAHULUAN


1.         Latar Belakang

Tidak dapat dipungkiri memasuki era globalisasi Kota Cimahi dihadapkan pada persaingan yang makin ketat dan kompetitif dalam berbagai bidang kehidupan. Bukan hanya dalam aspek pengetahuan, teknologi dan industri, melainkan juga dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum melainkan juga terjadi pada aspek ideologi serta pertahanan keamanan. Semakin ketatnya persaingan telah menyadarkan kita betapa pentingnya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) yang handal dalam rangka mencapai kemenangan dalam percaturan yang sedang dihadapi.                
Kelurahan Cibabat sebagai salah satu bagian tidak terpisahkan dari Kota Cimahi menurut Data Base Kependudukan Tahun 2011  penduduknya berjumlah 58.184 orang kemudian dari jumlah tersebut sebesar 3.322 orang belum mempunyai pekerjaan tetap yang berarti 8,38% dari 39.628 jumlah penduduk usia produktif.
Sebuah tantangan yang harus disikapi dengan positif mengingat potensi sumberdaya manusia (SDM) belum tergali secara optimal, adapun salah satu cara dalam rangka meningkatkan serta menumbuhkan kreatifitas penduduk Kelurahan Cibabat adalah melalui pemberdayaan keluarga tanpa mengurangi peran keluarga itu sendiri sebagai wahana pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas.
Setidaknya ada delapan fungsi keluarga yang dapat harus diwujudkan dalam rangka pemberdayaan, yaitu :
1.    Fungsi agama
merupakan fungsi yang mendorong keluarga agar dapat menjadi wahana pembinaan kehidupan beragama yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.    Fungsi sosial budaya
Merupakan fungsi agar keluarga dapat menjadi wahana pembinaan dan persemaian nilai-nilai yang luhur dari budaya tersebut, sehingga nilai luhur yang selama ini sudah menjadi panutan dalam kehidupan berbangsa tetap dapat dipertahankan dan dipelihara
3.    Fungsi cinta kasih
Merupakan fungsi yang mendorong keluarga agar dapat menciptakan suasana cinta dan kasih sayang dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4.    Fungsi perlindungan
Merupakan fungsi yang mendorong  keluarga agar dapat menciptakan suasana aman, nyaman, damai, dan adil bagi seluruh anggota keluarganya
5.    Fungsi reproduksi
Merupakan fungsi yang mendorong setiap keluarga dapat menerapkan cara hidup sehat, mengerti tentang kesehatan reproduksinya.
6.    Fungsi pendidikan
Merupakan fungsi yang menempatkan keluarga bukan hanya berhubungan dengan kecerdasan, melainkan juga termasuk pendidikan emosional dan juga pendidikan spiritualnya.
7.    Fungsi ekonomi
Merupakan fungsi yang dapat mendorong keluarga agar dapat membina kualitas kehidupan ekonomi keluarga, sekaligus dapat bersikap realistis serta bertanggung jawab terhadap kesejahteraan keluarga
8.    Fungsi lingkungan
Merupakan fungsi yang dapat mendorong keluarga dapat menciptakan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan masyarakat sekitar dan alam.
(Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. dr Sugiri Syarief MPA, seminar menyambut Hari Keluarga XVIII di Lembang, Jawa Barat Tahun 2013)

Pertanyaannya, cara apa yang paling efektif dapat diterapkan dalam rangka membangun keluarga yang mandiri dan sejahtera? Bagaimanakah langkah-langkahnya? 
Jawabnya yang pertama adalah melalui pemberdayaan ekonomi keluarga, paling tidak ada dua alasan mendasar yang dapat dikemukakan, yaitu:
1.    Keluarga yang mandiri dan sejahtera harus didahului oleh kemampuan keluarga dalam melaksanakan fungsi ke-7 yaitu fungsi ekonomi sehingga semua anggota keluarga mampu mengembangkan kemampuan secara mandiri. Logikanya, bagaimana mungkin sebuah keluarga dengan penghasilan sangat rendah mampu menyediakan biaya hidup yang Iayak dan mencukupi kebutuhan lainnya, menyekolahkan anak atau berderma sebagai wujud pelaksanaan fungsi pendidikan dan keagamaan dalam keluarga. Hal ini menunjukkan pembangunan dalam aspek ekonomi dilingkungan keluarga menjadi tuntutan mutlak agar sebuah keluarga dapat hidup mandiri dan sejahtera.
2.    Keberdayaan ekonomi keluarga menjadi suatu cerminan keberdayaan ekonomi masyarakat maupun bangsa. Keluarga dengan kemampuan ekonomi yang kuat akan memberi dukungan yang kuat pula terhadap kemampuan ekonomi masyarakat dan negara. Artinya kemampuan ekonomi keluarga menjadi tolok ukur seberapa besar keluarga tersebut mampumenopang ekonomi masyarakat, bangsa dan negara agar dapat hidup mandiri dan sejahtera.

Pembangunan aspek ekonomi dalam keluarga, dengan kedua alasan tersebut, menjadi sesuatu yang sangat penting diupayakan agar keluarga dapat membangun dirinya menjadi keluarga yang mandiri secara ekonomi. Hal tersebut karena sebuah keluarga baru akan dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga secara utuh mulai dari fungsi k-eagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi hingga fungsi pembinaan lingkungan, manakala keluarga tersebut telah ditopang oleh landasan ekonomi yang kuat sehingga akan sangat berpengaruh terhadap pembangunan aspek-­aspek lain dalam keluarga.
Kemudian menjawab pertanyaan apa langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan terkait dengan pemberdayaan ekonomi keluarga dalam rangka membangun keluarga yang mandiri dan sejahtera, secara praktis dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.    Keluarga sasaran harus dikondisikan dalam suasana yang kondusif untuk mampu berusaha tanpa hambatan dari sisi mental dan spiritual. Artinya jiwa berwirausaha harus dibangun dan dimantapkan terlebih dahulu, agar setiap anggota keluarga, memiliki sikap mental yang memadai sebagai seorang wirausahawan yang mandiri.Sikap mental yang dimaksud adalah dengan menjadi pribadi yang tekun, disiplin, jujur, pantang menyerah, tidak mudah berputus asa, tidak melakukan perbuatan yang merugikan usaha keluarga seperti suka berjudi, boros, dan sukamenghambur-hamburkan uang. Untuk upaya pertama ini, pembinaan pada keluarga yang efektif menjadi kunci keberhasilan untuk membawa keluarga-keluarga menjadi keluarga yang slap untuk memberdayakan diri dalam aspek ekonomi.
2.    Keluarga yang secara mental dan spiritual siap untuk berwira usaha dididik ketrampilan dan kemampuan berwirausaha sesuai dengan minat dan bakatnya. Hal ini mengingat, tidak semua keluarga memiliki minat maupun potensi yang sama dalam berusaha.
3.    Variasi minat dan kemampuan harus diperhatikan, jangan sampai sebuah keluarga dididik atau diberi ketrampilan yang bukan minat dan bakatnya, karena hasilnya jelas akan mengecewakan. Agar hasilnya lebih efektif dan efisien, keluarga dengan minat dan bakat yang sama dididik secara bersamaan.
4.    Bila langkah pertama hingga ketiga telah dapat dilaksanakan dengan baik, maka pemberian modal usaha baru dapat diberikan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas produksinya. 

Berdasarkan pertimbangan tersebut maka dalam rangka pemberdayaan keluarga serta melaksanakan 10 Program Pokok PKK maka Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibabat melalui Kelompok Kerja berinisiatif untuk ikut serta secara aktif mendukung program pembangunan di Kota Cimahi dengan mengadakan sebuah kegiatan pelatihan pembuatan tanaman buah dalam pot (Tabulampot) kepada anggota-anggotanya dan warga masyarakat yang berminat untuk meningkatkan penghasilan ekonomi sekaligus melestarikan lingkungan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

1.2       Rencana Kegiatan
1.2.1   Nama dan Tema Kegiatan          
Nama Kegiatan   :
Pemberdayaan dan peningkatan ekonomi keluarga melalui pelatihan pembuatan tanaman buah dalam pot (Tabulampot)
Tema Kegiatan   :
“Menumbuhkembangkan kreatifitas, meningkatkan kesejahteraan keluarga sekaligus melestarikan lingkungan”
 1.2.2  Target Kegiatan
            Target kegiatan yang ingin dicapai dalam kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
a.          Meningkatkan keterampilan keluarga;
b.          Menumbuhkembangkan kreatifitas dalam keluarga;
c.          Meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga;
d.          Melestarikan lingkungan;

1.2.3   Bentuk Kegiatan
Bentuk Kegiatan Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi keluarga melalui pelatihan pembuatan tanaman buah dalam pot (Tabulampot) adalah penyuluhan,pelatihan kepada warga masyarakat dan pembentukan kelompok.
Adapun Materi yang akan disampaikan adalah sebagai berikut:
1.    Pemaparan tentang kajan pentingnya fungsi keluarga
2.    Pemaparan tentang kajian pentingnya pelestarian lingkungan
3.    Pemaparan tentang kajian Visi dan Misi Kota Cimahi di Bidang Pemberdayaan Keluarga, Ekonomi dan Lingkungan.
4.    Pemaparan tentang kajian ekonomis tanaman buah dalam pot (Tabulampot)
5.    Pelatihan pembuatan tanaman buah dalam Pot (Tabulampot)
6.    Pemberian bantuan bibit tanaman, pupuk, media tanah, pot dan perkakas.

1.2.4   Lokasi kegiatan
            Kegiatan Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) direncanakan dilaksanakan bertempat di Pandiga Educreation Sport dan Taman Pintar Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.
1.2.5   Sasaran kegiatan.
            Kegiatan Pemberdayaan Dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) berjumlah …………orang terdiri dari kader TP PKK tingkat kelurahan, tingkat RW dan RT serta masyarakat Kelurahan Cibabat.
1.2.6   Kepanitiaan
Panitia Kegiatan Pemberdayaan Dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) ini adalah Pengurus             TP PKK Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi dengan sususan terlampir.
1.2.7   Rencana Anggaran Biaya
            Kebutuhan anggaran biaya untuk Kegiatan Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi keluarga melalui pelatihan pembuatan tanaman buah dalam pot (Tabulampot)  adalah sebesar Rp. ………………,- (terbilang : …………………………………………………………..)   rincian kebutuhan Terlampir.













BAB II
RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

NO
URAIAN

SATUAN WAKTU
Minggu Ke - 1
Minggu Ke - 2
Minggu Ke - 3
Minggu Ke - 4
1
PERSIAPAN




2
PELAKSANAAN




3
EVALUASI




4
PELAPORAN



















BAB III
PROFIL TIM PENGGERAK PKK KELURAHAN CIBABAT
KECAMATAN CIMAHI UTARA KOTA CIMAHI




3.1       Profil Umum
*
Nama
:
Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibabat
*
Tanggal Berdiri
:

*
Alamat Sekretariat
:
Jl. Sinarasa No.18 RT 01 RW 25
*
Kelurahan
:
Cibabat
*
Kecamatan
:
Cimahi Utara
*
Kota
:
Cimahi
*
Provinsi
:
Jawa Barat

3.2       Visi dan Misi

3.2.1    Visi TP PKK Kelurahan Cibabat
             Visi TP PKK Kelurahan Cibabat adalah sebagai berikut:
1
2
3.

3.2.2   Visi TP PKK Kelurahan Cibabat

Adapun Misi dari TP PKK Kelurahan Cibabat adalah sebagai berikut:
1.
2.
3.

3.2.3   Contact Person :
*
Nama
:

*
Nomor Telepon/ HP
:


3.2.4   Daftar Anggota/Pengurus
NO
JABATAN
NAMA
Alamat
1
Ketua


2
Sekretaris


3
Bendahara


4
Anggota




























.





BAB IV
HASIL YANG DIHARAPKAN DAN PENUTUP

4.1         HASIL YANG DIHARAPKAN
Dari Kegiatan Pemberdayaan Dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) ini, diharapkan dapat mencapai tujuan yaitu:
  1. Seluruh peserta kegiatan mendapatkan keterampilan baru dalam bercocok tanam;
  2. Seluruh peserta kegiatan dapat menumbuhkembangkan kreatifitas dalam keluarga;
  3. Seluruh peserta kegiatan dapat meningkat kesejahteraan ekonomi keluarganya;
  4. Seluruh peserta kegiatan dapat ikut aktif dan berperan serta dalam pelestarian lingkungan.

4.2         PENUTUP
Demikian Proposal kegiatan ini kami buat agar menjadi dasar pertimbangan dalam menyetujui dan mendukung kegiatan ini.

Proposal ini masih jauh dari sempurna, maka kritikan dan saran serta masukan yang dapat membantu menyempurnakan pelaksanaan kegiatan selanjutnya sangat kami harapan.



Ketua TP PKK
Kelurahan Cibabat

Sekretaris TP PKK
Kelurahan Cibabat















NY. ENUNG HASANAH

…………………………









Lampiran I

SUSUNAN PANITIA KEGIATAN
PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN TANAMAN BUAH DALAM POT (TABULAMPOT)


Ketua                                     : Ny. Enung Hasanah
Sekertaris                            :
Bendahara                          : 
Anggota                             :  







Ketua TP PKK
 Kelurahan Cibabat

Sekretaris TP PKK
Kelurahan Cibabat
















………………………………..

………………………………







Mengetahui,




Ketua TP PKK
 Kota Cimahi

Ketua TP PKK
Kecamatan Cimahi Utara
















…………………………….

………………………………











Lampiran II
RENCANA ANGGARAN BIAYA
Rencana Anggaran Biaya
ITEM
FREK.
KUANT.
SATUAN
JUMLAH
Hari Pertama
Tempat
a.  Sewa Aula
b.  Sewa Sound System
c.  Sewa Mobil Panitia
1
1
1
1 gedung
1 set
1unit
Rp. 15.000.000,-
Rp.   1.500.000,-
Rp.      500.000,-

Publikasi dan dokumentasi
a.    Spanduk
b.    Cetak film
c.    ATK (Spidol, kertas Plano, Photo coppy dll)
d.    Hand Out
1
1
1

1
2 buah
100 lembar
1 paket

200 paket
Rp.      150.000,-
Rp.          2.000,-
Rp.   2.000.000,-

Rp.        30.000,-

Honor
a.    TP PKK Kota Cimahi
b.    TP PKK Kecamatan Cimahi Utara
c.    Narasumber
1
1
3
1 orang
1 orang
1 jam
   Rp.     750.000,-
  Rp.     750.000,-
Rp.     600.000,-

Konsumsi  Snack
a.    Peserta
b.    Panitia
c.    Pembicara
2
2
2
200 dus
7 dus
4 dus
Rp.       10.000,-
Rp.       10.000,-
Rp.      10.000,-

Konsumsi  Makan Siang
a.    Peserta
b.    Panitia
c.    Pembicara
2
2
2
200 dus
7 dus
4 dus
Rp.      20.000,-
Rp.      20.000,-
Rp.      20.000,-

Hari Kedua
Uang Saku
Peserta
1
200 orang
Rp.     100.000,-

Publikasi dan dokumentasi
Cetak film

1

100 lembar

Rp.         2.000,-

Honor
a.    Narasumber/Instruktur
b.    Moderator
c.    MC
d.    Dirigen
e.    Pembaca Doa
f.     Panitia
-      Ketua
-      Sekretaris
-      Bendahara
-    Anggota
1Kegiatan
1
1
1
1

1
1
1
1
1 orang
1 orang
1 orang
1 orang
1 orang

1 orang
1 orang
1 orang
4 orang
Rp.     600.000,-
Rp.     500.000,-
Rp.     300.000,-
Rp.     100.000,-
Rp.     100.000,-

Rp.     600.000,-
Rp.     500.000,-
Rp.     400.000,-
Rp.     300.000,-

Konsumsi  Snack
a.    Peserta
b.    Panitia
c.    Narasumber/Instruktur
2
2
1
200 dus
7 dus
2 dus
Rp.       10.000,-
Rp.       10.000,-
Rp.      10.000,-
Rp.    4.000.000,-
Rp.       140.000,-
Rp.         80.000,-
Konsumsi  Makan Siang
a.    Peserta
b.    Panitia
c.    Narasumber/Instruktur
2
2
1
200 dus
7 dus
4 dus
Rp.      20.000,-
Rp.      20.000,-
Rp.      20.000,-
Rp.    8.000.000,-
  Rp.       280.000,-
     Rp.       160.000,-
Bahan Tabulampot
Bibit





-





-





-





-





Pupuk





-





-





-





Perkakas





-





-





-





Pot





-





-





-





Media Tanah





-





-




Uang Saku
Peserta
2
200 orang
Rp.       50.000,-

















       
        PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
                                                    P K K
                 TIM PENGGERAK KELURAHAN CIBABAT
                       Jalan. Sirnarasa No. 18 Telp. (022) 6654095 Cibabat-Cimahi 40513
 



BERITA ACARA MUSYAWARAH
Pembentukan Panitia Kegiatan
Pemberdayaan Dan Peningkatan Ekonomi Keluarga
Melalui Pelatihan Pembuatan Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot)



Pada hari ini, ………………………………….. pada pukul 16.00 Wib bertempat di Kantor Kelurahan Cibabat Kota Cimahi, telah dilaksanakan rapat yang di hadiri oleh ……….. orang (daftar hadir terlampir)  telah dibentuk Panitia Kegiatan Pemberdayaan Dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) untuk turut berpartisipasi dalam proses pembangunan yang tengah dilaksanakan khususnya di Kota Cimahi. pembangunan daerah di Kota Cimahi.
Dengan Susunan Kepanitiaan sebagai berikut:
Ketua                         :
Sekretaris                  :
Bendahara                :
Anggota                     :



Demikian berita acara ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pimpinan Rapat

Notulis Rapat









……………………..

…………………………..








                PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
                                                    P K K
                                      TIM PENGGERAK KELURAHAN CIBABAT
                       Jalan. Sirnarasa No. 18 Telp. (022) 6654095 Cibabat-Cimahi 40513
 


DAFTAR HADIR MUSYAWARAH
Kecamatan                :  Cimahi Utara
Kelurahan                 :  Cibabat
Hari, Tanggal            : 
Tempat                       :  Jl. Sirnarasa No.18 RT 01 RW 25

NO
NAMA
ALAMAT
TANDA TANGAN
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15




Pimpinan Rapat

Notulis Rapat









……………………..

…………………………..










PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN DANA

KEGIATAN PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA
MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN
TANAMAN BUAH DALAM POT (TABULAMPOT)

SILAHKAN ISI ILUSTRASI SENDIRI 



TIM PENGGERAK PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
KELURAHAN CIBABAT KECAMATAN CIMAHI UTARA
KOTA CIMAHI
TAHUN 2013


Sekretariat :  Jl. Sirnarasa No.18 Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi 40513

3 comments: